FAKULTAS EKONOMI BEKERJASAMA DENGEN BPOM DAN DINAS KOPERASI MENGADAKAN KEGIATAN PELATIHAN SERTIFIKASI BPOM MENUJU PASAR GLOBAL

KEGIATAN PELATIHAN SERTIFIKASI BPOM MENUJU PASAR GLOBAL 

Fakultas Ekonomi Universitas Tulungagung dalam hal ini diwakili Inkubator Bisnis mengadakan Pelatihan Sertifikasi BPOM.Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Pelaku Usaha yang mempunyai produk siap masuk Pasar Global.

Hari/Tanggal : Selasa, 14 November 2023 

Peserta : Pelaku Usaha Kabupaten Tulungagung

Tempat : Graha Krida Wiyata Universitas Tulungagung

Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan kualitas produk dengan melalui Sertifikasi Badan POM.

  


Pelatihan Sertifikasi Badan POM yang diberikan meliputi CPPOB ( Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik) , Kemasan & Label. Pelatihan ini sangat bermafaat dan dibutuhkan oleh Pelaku Usaha apabila ingin produknya semakin berkualitas dan dapat menembus pasar global. CPPOB merupakan salah satu syarat Sertifikasi BPOM. Cara produksi pangan olahan yang baik adalah suatu pedoman yang menjelaskan bagaimana memproduksi pangan agar aman, bermutu dan layak untuk dikonsumsi, antara lain dengan cara :

a. Mencegah tercemarnya pangan olahan oleh cemaran biologis, kimia dan benda lain.

b. Mematikan atau mencegah hidupnya jasad renik patogen.

c. Mengendalikan proses produksi

sebagaimana telah diatur dalam Undang-undang No.18 Tahun 2012 Tentang Pangan. Dijelaskan lebih lanjut keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah Pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dengan diterbitkannya Industri Pangan MD, maka peluang pasar bagi produk baik makanan maupun minuman akan semakin luas. Peluang pruduk masuk ke pasar ritel maupun global akan semakin terbuka lebar.


Dalam hal Kemasan Pangan telah diatur dalam Peraturan Badan POM No 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. Penggunaan pengemas yang memenuhi syarat akan mempertahankan mutu dan melindungi produk terhadap pengaruh dari luar, Kemasan harus tahan pada suhu sterilisasi dan memenuhi persyaratan batas migrasi bahan berbahaya ke dalam produk. Kemasan yang dapat digunakan adalah peralatan / pengemas pangan yang aman, khususnya plastik : bertuliskan “TARA PANGAN” atau terdapat gambar gelas dan garpu.

Label dan Keterangan Produk diatur dalam Peraturan Badan POM No 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan.

Keterangan yang dicantumkan dalam Label meliputi :

a. Nama produk

b. Daftar bahan

c. Berat bersih/ isi bersih

d. Nama & Alamat Produsen/Importir

e. Halal bagi yang dipersyaratkan

f. Tanggal dan kode produksi

g. Kedaluwarso

h. Nomor ijin edar

i. Asal usul bahan pangan tertentu

Informasi a, c, d, e, g, h wajib dicantumkan pada bagian yang paling mudah dilihat dan dibaca

Dengan kegiatan diharapkan segera ditindak lanjuti oleh pelaku usaha, sehingga Sertifikasi BPOM berupa Industri Pangan MD dapat segera diterbitkan.


Informasi Terkait

Pengumuman

Kegiatan

Sosial Media